MASIH PAKE JAM MEKANIK DI JAMAN NOW?


-Ngapain ribet pake jam mekanik, Bang? Tiap pagi kudu muter ato ngocok (eh?) udah gitu nggak akurat lagi...

-Buat apa sih punya jam banyak-banyak? Emang itu tiap jam buat waktu beda negara apa?

Paling tidak begitulah para pecinta jam mekanik ditanya (atau dicela) hehe...boro-boro sama jam tua yang emang jarang akuratnya, sama jam mekanik ratusan juta mereka juga bakal sama nyinyirnya.
Jadi masih relevankah pakai jam mekanik saat ini?


Ada 3 hal penting yang perlu anda ketahui soal jam mekanik:

-SANGAT NGGAK SEAKURAT JAM QUARTZ (bisa semenit meleset tiap hari, quartz meleset itungannya detik per bulan)
-KUDU DIIDUPIN TIAP HARI (entah diputer atau digoyang, ndak praktis blasss)
-NDAK SEKOKOH G-SHOCK (nggak tahan banting)

Dengan keribetan gini, kalo anda orangnya praktis dan memperlakukan jam sebagai alat, mending kagak usah aja. Mechanical watch is not for you, Bro!

Jadi jam mekanik memang jatuhnya lebih ke hobi tinimbang fungsi. Meski bukan berarti ini jam useless samasekali loh. Ada kiatnya.

So why we use mechanical watch?

Jam mekanik adalah saksi sejarah peradaban. Ia adalah paduan seni dan teknologi. Melewati berbagai masa duka dan damai. Perang Dunia gak lepas dari terciptanya military watch. Dulu orang kasih kado nikahan atau ultah juga pake jam tangan. Warisan yang bisa dipakai sehari-hari juga jam tangan. Jadi jam ini benda teknologi yang sehari-hari melekat sama denyut nadi kita. Tak heran jika jam bisa menjadi barang sentimentil bagi beberapa orang.

Kalo anda mainnya udah ke level tajir banget, jam tangan adalah investasi yang malah makin naik harganya. Tapi bukan sembarang jam ya. Rolex (paling populer), Audemars Piguet, Jaeger LeCoultre, Patek Phillipe adalah jam-jam yang nilainya akan bertahan lama. Bisa milyar lho, Bro!

Kok se-"snob" itu? Emang apa hebatnya?

Karena ada nilai sejarah di dalamnya. Brand jam itu melawati kisah gak cuma dalam kurun belas atau puluh tahun. Industri jam Swiss itu udah seratus tahun lebih lho. Oke, mungkin beberapa orang akan "peduli setan ama sejarah". Bagi mereka jam ya cuman alat yang gak perlu dipuja selangit gitu. That's fine.

Karena pecinta horology adalah orang-orang yang menghargai sejarah. Merawat peninggalan sejarah adalah wujudnya. Lagian menghargai sejarah (dalam wujud jam) nggak harus yang mahal-mahal lah. Jam-jam vintage mekanik saat ini harganya banyak yang masih terjangkau, fungsional dan masih keren dipakai pada jaman ini. Kalo yang kelasnya Rolex ya biar bagi mereka yang mampu aja hehehe..

Jam tangan adalah hewan piaraan...a pet in your wrist.

Tahun 90an ada mainan digital. Tamagochi namanya. Konsepnya adalah sebuah binatang digital yang harus diberi makan tiap waktu agar bisa tumbuh. Lupa ngasih makan, dia bakal mati.

Jauh sebelum mainan ini diciptakan, sebenarnya jam mekanik juga semacam hewan. Tiap hari kudu "dikasih" makan. Memang repot. Tapi di sini kita jadi punya ritual yang sehat. Kan keren toh pagi-pagi bangun langsung muter atau ngocok jam daripada pegang gadget.

Mendengar detaknya itu terasa menenangkan. Tik tak tik tak....

Saat anda memakainya selama bekerja atau berpetualang, ia akan berdetak menemani ritme jantung anda. Ia akan senyawa dengan anda. Hebatnya, saat anda mati mungkin si jam ini akan masih terus bisa berdetak. Ya... kelebihan jam mekanik adalah keawetannya. Masih ada lho jam berusia lebih dari 100 tahun yang masih berfungsi hingga kini.

Jadi kalo anda butuh teman non-human yang bisa terus menemani anda...jam mekanik adalah salah satunya.

Terus gimana nih, bagi yang tertarik mau milih jam tangan mekanik? Yang bagus merk apa? Terus kalo jam tua jaminan masih bagusnya gimana?

Here is my beginner tips:

-MERK. Kadang nih jaminan tapi ya nggak selalu. Untuk bujet proletariat kayak saya: Seiko, Citizen, Orient adalah merk terjangkau untuk memulai. Seiko ada yang murah mulai dari 300 ribuan hingga beberapa juta. Nggak usah beli yang juta dulu, itu mainannya level collector. Coba aja Seiko 5 dulu yang ada hari dan tanggal. Cari yang disain mukanya (dial) disukai. Citizen meski nggak sesemarak Seiko, jam ini asyik. Mesinnya bisa dikocok maupun diputer (automatic & manual). Orient kurang lebih sama kayak Seiko atau Citizen.

-KONDISI. Kebanyakan jam lawas/vintage gak aman dari rekayasa. Mungkin ada bagian-bagian yang udah diganti. Kalo beli di Ebay yang sellernya orang India, biasanya dial udah diganti. Mesin meski rata-rata ori, gak nutup kemungkinan udah dikanibal/franken watch. Yakni beberapa part diganti sama mesin yang sama tapi dari jam bekas lain.Kalo kenop pemutarnya ori itu udah syukur lah. Jam yang masih full ori biasanya dapet dari negara aslinya atau warisan dari mbah-mbah yang kaya. Kalo dapetnya dari loak wah gak jamin deh. Tapi meski udah dikanibal kalo malah mesinnya jadi working good ya gakpapa lah., Lumayan. Asal anda suka. Yang jelas, pilih yang power reservenya masih panjang. Minimal 24 jam dibiarin masih jalan. kalo meleset, 1 - 2 menit per hari itu udah biasa. Ya tinggal disetting ulang. Ini kalo anda memang mau make dia sehari-hari kayak saya. Karena jam bekas, jelas gak ada jaminan atau garansi. Makanya kalo beli mending ke seller yang punya integritas. Yang ngerti ama barang yang ia jual. Yang jujur. Paling nggak anda dapat barang barokah, bukan bekas maling.

-FUNGSI. Jam vintage masih bisa dipakai sebagai jam harian, meski bermasalah sama akurasi. Jam vintage itu classy. Nah, gak setiap aktivitas anda bisa pakai jam vintage. Jangan pakai jam vintage untuk ngitung yang limit akurasinya ketat misalnya pertandingan olahraga atau pekerjaan teknis profesional. Pakai jam vintage cuma buat nunjukin waktu sewajarnya saja. Untuk menandai acara ketemuan, kegiatan, nongkrong bareng masih oke. Untuk beginner, pilih jam dengan fitur tanggal dan hari aja. Chronograph itu ntar kalo udah naik level jadi kolektor. Lagian harganya lebih mahal. Kalo anda belum bisa merasakan nikmatnya ritual muter kenop, mungkin beli yang automatic. Ini kudu dikocok atau digoyang tiap hari. Kalo gak digoyang dia mati.

-HISTORY. Jadikan jam itu bermakna dengan cerita. Jam mekanik warisan ortu atau simbah, pastilah jauh lebih valuable. Kamu masih bisa merasakan kehadiran orang-orang tersebut lewat detak jam itu. Kalopun jam itu cuma jam biasa yang dapat dari pasar loak, ya masih juga bisa dibikin cerita. Pakailah ia pada saat-saat bermaknamu. Jam vintage saya tuh jadi saksi perjuangan saya. Ukirlah kata-kata atau doa di tutup case-nya. Tapi ini kalo anda nggak bakal mau jual itu jam ya hehehe...

Jadi ngapain pake jam mekanik jaman now?

-NILAI/VALUE
-HISTORY
-CLASSY
-FUNCTIONAL

Kalo yang di foto itu tadi jam-nya James Bond. Ndak usah ngincer itu dulu. Kuwi larang tenan, Mas Bro hehehe.

Related articles:

Bagikan artikel ini :

Post a Comment

 
Copyright © 2011.    KRONOSTORIA - All Rights Reserved
Thanks maturnuwun to MASTEMPLATE and also dumateng TUKARCERITA