REVIEW SERVICE JAM TANGAN ONLINE MARKO WATCH GALAXY SURABAYA

Marko Watch Galaxy, pemilik servicejamtangan.com (instagram: https://www.instagram.com/servicejamtangan/) adalah toko jam dan pusat service/reparasi yang bisa juga terima order secara online. Anda tinggal kirim, diagnosa dan charge harga. Merupakan pusat service yang usianya cukup banyak (20 tahun lebih). 

Marko Watch Galaxy di Surabaya
Januari 2019 lalu, saya service 2 jam tangan vintage yakni Oris Star dengan mesin caliber 645 KIF dan Oris diver bermesin ETA 2688. Service kedua jam ini memakan waktu hampir sebulan. 


Oris Diver saya bezelnya agak bengkok setelah saya copot untuk dibersihkan. 
ORIS DIVER: service mesin total dan ganti sparepart roda gir mesin, pasang seal silikon waterproof, perbaikan bezel yang bengkok dikit. 


Setelah service ulang karena kesalahan pertama.
ORIS STAR: Pasang kaca, pasang silikon water resistant.

CATATAN PENGALAMAN SERVICE


ORIS DIVER. Keluhan awal saya untuk Oris Diver sebenarnya soal waterproof dan bezel. Bezel itu sempat bengkok dikit karena saya bersihin kemarin. Marko Watch mengatakan itu bisa diperbaiki sekalian. Hasil diagnosa, ada roda aus dan mesin kotor maka dikatakan perlu full service. Sparepart diganti dan mesin dicuci (tanpa konfirmasi dulu sebelum melakukan). Walhasil kena charge 1 juta rupiah dengan garansi 6 bulan. Is it worth?


Roda atau gir yang diganti. Nampaknya ini yang harganya mahal.
Cukup tangguh dan makin akurat setelah service.
Akurasi lumayan (deviasi +- 10 detik dalam 24 jam). Waterproof aman tapi kata teknisinya pressure resistant tak bisa lebih dari 5 meter. Sayangnya bezel tak terlalu signifikan perbaikannya. Bengkoknya masih, hanya saja mungkin lebih well installed dibanding saya kemarin. Saya tak tahu ada berapa scratch lagi di dalam bezel karena kalau dibuka akan tambah mencederai jamnya. NILAI 8,5 dari 10.


Pada service pertama ring dalam ternyata tidak dipasang lagi sehingga dial tampak telanjang.
ORIS STAR. Pada service pertama kaca terpasang miring, inner bezel ring dicopot dan tak dikembalikan demi kaca biar terpasang. Biaya total 350 ribu. Bagi saya ini tak bisa diterima untuk sebuah jam vintage. Saya berkesimpulan teknisinya kurang paham nilai arsitektur sebuah jam. Maka saya kembalikan untuk perbaikan ulang.
  
Setelah diservice ulang karena kesalahan pertama.
Pemasangan cukup rapi tapi untuk standar horology tinggi kurang atensi pada detail.
Detail yang saya maksud adalah bahwa ring penggantinya tidak seamless. Terlihat sambungan/patahan halus.
Ring dalam aslinya tidak terpakai. Tampaknya patah dalah proses pencopotan lalu disolder.
Ini detail ring dalam yang lama. Saya kurang tahu bagaimana standar teknisinya. Ini sebelumnya utuh.
o'owww ternyata ngembun, Kakak...

Karena kendala susah nemu kaca yang cocok, maka mereka mengganti ring dalamnya agar sesuai dengan kaca. Ring yang lama mungkin patah saat pencopotan (lalu disolder). Ring penggantinya ternyata ada patahannya (tidak seamless). Pemasangan sepintas cukup well done, bagian sambungan ditaruh di posisi angka 3. Tapi bagi mata OCD kayak saya, masih annoying actually. Water resist GAGAL KARENA BEREMBUN setelah dipake mandi (bukan nyelam ya). No guarantee. NILAI 5,5 dari 10.

KOMUNIKASI: Pihak Marko terhitung cukup ramah dan kooperatif dalam melayani customer. Hanya saja kita musti proaktif kalau mereka low response. NILAI 8 dari 10.

KESIMPULAN: Hasil kerja Marko Watch a.k.a Servicejamtangan.com sebenarnya cukup rapi tapi kurang atensi pada detail dan otentisitas. Bagi para pemakai jam biasa mungkin akan cukup puas dengan itu, namun bagi maniak horology (apalagi mengidap OCD kayak saya) disarankan datang langsung dan berkomunikasi penuh dengan teknisi. 
Teknisi baru atau muda cenderung tidak hati-hati. 

Untuk biaya saya rasa relatif terlalu mahal dibanding dengan hasilnya. Meskipun lokasi dalam mall mendongkrak tarif, harusnya hasil juga jadi jaminan mutu. 

Jadi jika anda mau biaya mahal itu worth it, ya memang musti cerewet ngobrol ama teknisi. Saya yakin mereka bisa tapi rata-rata tidak (berupaya) optimal. Makanya kita perlu cerewet.

Akhirul kalam, saya ngasih rate untuk Marko adalah sebagai berikut:

KUALITAS SERVICE: 7,5
ATENSI PADA OTENTISITAS: 6
ATENSI PADA DETAIL: 6
KUALITAS PELAYANAN: 7,5
KOMUNIKASI: 8
KESESUAIAN BIAYA DAN HASIL: 6,5
NILAI KESELURUHAN KUALITAS (DINILAI JANUARI- MARET 2019): 7,5

=======


Tips-tips memilih jasa service jam tangan ada di sini:



Related articles:

Bagikan artikel ini :

+ comments + 1 comments

August 12, 2019 at 6:19 AM

Wahh ini berguna banget reviewnya, saya mau service omega vintage saya, jadi agak ragu sebenernya, attention to detail kek nya kurang, thanks reviewnya, sangat bermanfaat

Post a Comment

 
Copyright © 2011.    KRONOSTORIA - All Rights Reserved
Thanks maturnuwun to MASTEMPLATE and also dumateng TUKARCERITA