MENGENAL JAM TANGAN MEKANIK

Kita akan berbicara tentang jam tangan, terutama mekanik. Apa saja jenis, fungsi dan maknanya.

Beberapa waktu lalu ada seorang petinggi militer di Indonesia (seorang jendral) yang dipergunjingkan oleh media asing karena pakai jam tangan mahal. Di lain peristiwa seorang pesohor perempuan disorot masyarakat karena pakai jam seharga penyelenggaraan pilkada. Ya...jamnya seharga milyaran.

Seberapa mahal dan penting jam tangan? Kok bisa harganya segitu? Kita ulas satu per satu ya.

Mesin jam mekanik (manual wind)

MEKANISME

Saya tak akan bicara terlalu teknis ya, teman-teman. Jam tangan menurut jenis mesinnya ada dua macam yaitu: Mekanik dan Quartz.

Mekanik itu mesinnya digerakkan oleh tenaga pegas, kalau quartz digerakkan oleh batere atau sumber listrik yang lain.

Quartz adalah nama kristal kecil yang dialiri listrik dari batere agar bisa menggerakkan mesin jam. Selain dari batere, energi juga bisa diambil dari tenaga matahari (solar), cahaya, gerakan (seperti di Seiko Kinetic) dan lain-lain. Jadi kalau ada tulisan “quartz” itu bukan merk melainkan jenis mesinnya.

Dalam dunia horologi, yakni ilmu yang membahas soal permesinan jam, mesin jam disebut dengan “movement”. Kalau jam quartz movement-nya ditenagai oleh batere dan lain-lain, maka kalau jam mekanik movement-nya ditenagai oleh pegas. Pegas ini digulung sedemikian rupa hingga kalau terurai akan menggerakkan mesin.

Ada dua macam jam mekanik: Manual dan otomatik.

Jam quartz (kiri) dan jam mekanik automatic (kanan)

Jam jenis manual winding dihidupkan dengan diputar tiap hari. Kalau otomatik (mechanical automatic watch) cukup digoyang. Pada movement jam otomatik ada komponen yang kalau digoyang akan memutar gulungan pegas tadi.

Rata-rata jam mekanik yang terbaru mesinnya otomatik. Tapi yang paling laris tetap saja jam quartz. Jam quartz jauh lebih akurat dan murah. Tetapi bukan berarti jam mekanik sama sekali punah dan ditinggalkan. Jam mekanik masih diburu dan dierdangangkan oleh mereka para pecinta mesin dan pengagum seni tinggi. Karena jam mekanik itu adalah sebuah karya seni: paduan akurasi mesin, mekanika dan cita rasa. Semahal-mahalnya jam quartz, jauh lebih mahal jam mekanik di level kelas yang setara.

STATUS JAM

Omong-omong soal harga, mari kita tengok jenis jam berdasar statusnya. Jam itu dilihat dari statusnya ada 3:

-Jam mewah (luxury)
-Jam menengah
-Jam murah

Jam mewah harganya jutaan hingga milyaran. Level kemewahannya juga beragam. Dari yang terjangkau, mahal hingga sangat mahal.

Kalau berbicara soal jam mewah, kebanyakan orang hanya mengetahui Rolex. Padahal Rolex banyak dibilang masih tergolong jam mewah “standar”. Ada brand lain yang punya kelas lebih tinggi dibanding Rolex. Misalnya seperti berikut ini:

-Mewah sekali: Audemars Piguet, Patek Phillipe, Jaeger LeCoultre (ratusan juta sampe milyar)
-Mewah tapi “standar”: Rolex, Omega, TagHEUER, Breitling (jutaan hingga milyar)
-Mewah yang biasa: Tissot, Cartier (jutaan)

Tapi yang demikian itu tergantung serinya. Yang sudah berstatus langka atau vintage, harganya bisa menanjak. Jam Rolex Daytona milyaran itu contohnya.

Begitu populernya Rolex, banyak sekali yang palsu. Bahkan yang palsupun dijual seharga jutaan.

Jam luxury alias mewah adalah penanda status. Tak banyak orang awam paham soal jam mewah. Biasanya yang paham ya orang dari golongan mewah juga. Beberapa merk ini mungkin masih asing di telinga umum: A. Lange & Sohne, Vacheron Constantin, ICW, Glashutte dll. Jika memakai jam-jam brand itu, orang yang paham akan admire…"wah seleranya berkelas nih..."

Untuk yang mau jam bagus tapi tak suka bermewah-mewah, ada jam yang harganya relatif terjangkau. Itulah jam kelas menengah. Merk-merk berikut ini meski tidak mewah, tapi tetap bergengsi. Sekali lagi kita masih berbicara soal jam mekanik ya, jadi Casio tidak masuk hitungan.

Seiko, Citizen, Orient, Bulova, Rado, Mido termasuk ke dalam jam-jam biasa alias menengah. Harganya rata-rata masuk itungan juta, kecuali seri yang bawah masih ratusan ribu.

Kalau anda mau jam bermerk tapi nggak nguras kantong, anda bisa beli yang second/bekas tapi original. Ini lebih baik daripada beli KW. Merk di dunia jam agak bisa dijadikan pegangan. Seiko misalnya. Anda beli yang second, selama tak pernah dibanting, mesinnya masih cukup bagus. Seiko Cal. 7009 vintage punya saya pernah kebanting, tapi saya service sampai sekarang masih berfungsi.

Seiko adalah merk jam menengah paling populer di telinga umum. Yang palsu banyak bertebaran. Tapi beda dengan GRAND SEIKO. Yang ini sudah masuk ke kelas luxury berharga puluhan juta. Yang bekas mungkin ada yang kisaran 8 jutaan. Ini masih lebih terjangkau daripada Rolex yang bekasnya saja tetap mahal. Beda kelasnya.

Kalau anda merasa brand Seiko terlalu mainstream, ada juga merk bagus yang lain seperti Citizen dan Orient.

Di level terendah adalah jam-jam murah yang biasanya made in China (maaf bukan rasisme lho ya hehe). Biasanya mereka paki movement cloning model dari Swiss. Yang asli China adalah movement Sea-Gull. Tapi jangan salah sama Sea-Gull yang kelas luxury. Yang kelas luxury harganya nyaris setara dengan jam Swiss.

Saya kurang menyarankan untuk beli jam murah ini. Keunggulannya cuma disain yang bagus, tapi mesinnya jelek. Dengan harga jam mekanik murah, anda bisa dapat jam ori second. Tentu saja anda harus pintar-pintar pilih penjual. Seringkali jam ori dijual murah karena mesinnya rusak atau perlu diservis. Saran saya jangan beli yang mesinnya rusak. Belilah yang mesinnya perlu diservis. Repotnyam emang tak semua seller jam bekas itu jujur. Mungkin anda sedikit perlu bergaul dengan para kolektor jam.

ASLI ATAU PALSU

Di pasaran banyak jam yang dikira asli hanya karena dijual di toko yang bagus dan harganya jutaan. Kalau dilihat dekat pun masih juga susah membedakannya. Karena namanya palsu (KW) ada banyak grade-nya. Yang grade premium harganya juga jutaan. Kalau yang asli sih ratusan juta hehehe jadi jauh.

Ada yang kualitasnya premium, 1:1, super atau istilah lain untuk palsu kualitas tinggi. Yang seperti ini memang nyaris susah dibandingkan dengan yang asli. Peniruannya super serius. Untuk menyantunkan bahasa, pedagang menyebut barang palsu sebagai replika, grade premium, kualitas KW super dan sebagainya. Yang jelas itu palsu dan saya tidak menyarankan membelinya apalagi harganya sudah masuk hitungan juta. Mendingan anda beli jam asli yang kelas menengah.

Jam yang palsu, bisa dilihat dari kualitas penggarapannya. Kalau yang asli jelas rapih karena ada quality control. Yang blepotan jelas jam palsu. Jam luxury itu disebut mewah karena quality controlnya tinggi. Kalau masih ada produk gagal ya berarti jatuh kelas hehehe. Untuk mengenali mana yang asli dan palsu perlu pengalaman khusus.

FUNGSI

Tidak semua jam diciptakan untuk keperluan sama. Pembagian umum versi saya adalah seperti berikut ini:

-Dress watch: Jam buat mejeng. Kalu dipadukan dengan busana jadinya jam fashion. Ini buat acara-acara resmi semacam kondangan dan pesta. Istilah gaulnya adalah jam buat nongkrong. Dress watch tak bisa dipakai saat beraktivitas yang berat-berat seperti memecah batu, menebang pohon dan mencangkul di sawah.

-Tools watch: Ini jam yang punya fungsi teknis khusus. Ada jam buat aktivitas outdoor, jam buat pilot, jam chronograph, jam buat atlet (sports watch). Meski didisain untuk aktivitas intens, jam jenis ini oke juga buat dress watch. Nah di kategori tools watch ini ada jenis jam yang paling terkenal yakni DIVER WATCH. Diver watch itu jua buat penyelam yang serius, tidak cuma buat renang saja.

Bicara soal diver watch maka kita perlu tahu pemahaman dasar soal WATER RESIST. Sering kan kita baca tulisan ini di tutup belakang jam?

WATER RESIST

Sampai sekarang ini istilah “water resist” lumayan rancu. Jika ada tulisan water resist 50 meter, bukan berarti bisa buat menyelam 50 meter betulan. Kok bisa?

Ya begitu lah. Ada yang bilang 50 meter itu cuma asumsi tekanan yang setara dengan kedalaman 50 meter, bukannya benar-benar menyelam sedalam 50 meter hehe. Bingung kan?
Jadi rata-rata begini panduan dasarnya:

-30 meter: Cuma oke buat kecipratan air. Tidak oke buat wudhu. Kalo dipaksa akan berembun kacanya. Anggap saja tak boleh kena air.
-50 meter: Oke buat wudhu tapi hati-hati kalau untuk mandi.
-100 meter: Dipakai renang saja. Tidak untuk dipakai menyelam.
-200 meter: Sudah oke buat menyelam dan snorkeling.
-300 meter: Sudah mulai bisa dipakai untuk menyelam profesional yang memakai tabung oksigen. Tapi semakin dalam pastinya batasnya juga semakin tinggi.

SWISS MADE

Bicara jam rasanya tak lengkap tanpa membahas soal legacy-nya jam Swiss. Swiss dari dulu dikenal sebagai penghasil jam berkualitas, sampai-sampai nama “Swiss made” jadi komoditas. Padahal ada aturan kategorinya seperti ini:

-Swiss made watch: Movement bikinan Swiss asli dan perakitan jam dilakukan di Swiss. Tapi ada yang menyatakan bahwa paling tidak 60% dirakit di Swiss.
-Swiss mov’t/movement: Cuma movement-nya saja yang bikinan Swiss.

Aturan begini muncul karena reputasi tinggi para pembuat jam dari Swiss. Sehingga kalau ada jam dibilang made in Swiss katanya kualitasnya terjamin, padahal ya belum tentu. Sama halnya dengan cap "made in China". Apakah semua made in China buruk? Ya lihat-lihat yang mana dulu.

KOLEKSI JAM

Anda tertarik memakai atau mengoleksi jam (mekanik)?

Kalau tertarik mulailah dari yang murah dulu. Beli saja jam-jam vintage. Misalnya Seiko 5 dengan movement Caliber 7009, 6309 atau 7s26. Ada banyak modelnya. Kalau anda merasa terlalu “jadul” ganti saja bracelet-nya dengan strap yang lebih trendy. Ini masih lebih bernilai daripada beli jam Quartz murah yang gampang rusak. Lagipula anda akan mendapatkan sebuah karya seni yang bersejarah.

Jika sudah timbul rasa penasaran mungkin coba juga jam Swiss semacam Rado atau Mido. Anda bisa membandingkan antara movement Swiss VS Jepang. Beli yang murah saja. Jangan keburu-buru menghabiskan dana banyak jika masih pemula.

Koleksi jam ada banyak aspeknya. Anda mungkin cuma kagum dengan disain dial (muka) jam. Mungkin anda pengagum ketangguhan movement-nya. Itu semua aspek fisik. Kalau saya, mengoleksi jam karena ada cerita di baliknya. Itu juga alasan saya membuat page ini. Jam menarik karena punya cerita.

Kalopun belum ada cerita, biasanya saya akan membuat cerita baru dengan memakai jam itu. Misalnya Seiko 5 Cal. 7009 menemani saat saya saat bekerja. Bucherer Peseux 7001 merupakan teman kontemplasi. Seiko 5 Cal. 7s26 mengingatkan saya pada beberapa moment indah. Anda bisa menciptakan moment sendiri untuk tiap koleksi.

Selain itu, jam juga semacam “hewan piaraan”. It’s a pet on your wrist. Tiap pagi anda musti memutar kenopnya (kalau itu manual winding) atau menggoncang-goncangkannya sebanyak 30 kali (jika itu otomatik). Ini ritual yang jauh lebih sehat daripada mengecek HP sehabis bangun tidur. Anda akan lebih menghargai waktu.

Ada perbedaan antara mengoleksi jam dengan barang-barang tersier lainnya. Jam, seberapapun mahalnya, merupakan alat yang punya fungsi. Ia memiliki nilai fungsional selain status. Tapi anda harus tahu, bahwa sebagus-bagusnya fungsi jam mekanik tak bisa seakurat jam quartz.
Kalau anda butuh semata-mata akurasi maka pilihlah jam quartz. Mekanik itu pada dasarnya "ribet". Tapi kalau anda menghargai waktu dan kehidupan, jam mekanik adalah sebuah karya seni yang indah. Jam mekanik, asal dirawat usianya bisa melebihi usia anda. Saya pikir tak ada salahnya jika membeli jam yang bagus sekalian namun awet hingga bisa diwariskan ke generasi berikutnya.

Mendengarkan detak jam itu serasa musik yang meditatif. Waktu berjalan seiring dengan gulungan pegas yang terurai, atau sapuan jarum di permukaan bidang bundar. Tak terasa kita semua di semesta dimakan pula oleh detak waktu. Jam cuma sebongkah mesin. Tapi dengan bantuannya kita bisa memaknai segumpal waktu.

Tulisan oleh: Gugun, diposting di Facebook Kronostoria 25 November 2017

Related articles:

Bagikan artikel ini :

+ comments + 2 comments

October 5, 2019 at 9:08 PM

numpang promote ya min ^^
Hayyy guys...
sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
di DEWAPK agen terpercaya di tunggu lo ^_^

March 14, 2021 at 11:26 AM

Ayo Raih Kemenangan Disini.. Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.

Post a Comment

 
Copyright © 2011.    KRONOSTORIA - All Rights Reserved
Thanks maturnuwun to MASTEMPLATE and also dumateng TUKARCERITA